FENOMENA BOYBAND SM*SH

Awalnya saya tidak menaruh perhatian sama sekali pada boyband pendatang baru yang menamakan diri mereka SM*SH (read : SMASH) stands for “Seven Man as Seven Heroes.” Waktu itu, November, seorang teman (Rendra) dengan sengaja memperdengarkan single “I Heart You” yang sekarang jadi populer banget.

Rendra : ehh Yan, coba denger deh ni ada boyband baru. Mereka bertuju, gayanya kaya-kaya BB Korea gitu!

Saya : Mana? Coba denger

Mengapa hatiku cenat-cenut tiap ada kamu, bla..bla… you know me so well…

Saya : oohh… (sambil manggut-manggut)

Rendra : coba aja liat videonya, lumayan loh!

Saya : oyaya, bagus dah! (pasang muka nggak minat)

Menurut saya, nggak sedikit orang yang pada awalnya berpikiran sama seperti saya. Saya pribadi bukan penggemar Boyband Korea, hanya sekedar tahu dan nggak pernah benar-benar tahu. Well, tapi KOREAN WAVES memang membawa banyak (banget) pengaruh, bukan hanya pada jumlah fans fanatik, tapi juga dunia fashion. Seorang teman saya bahkan mengoleksi beberapa video girlband korea, bukan karena menikmati musiknya, tapi fashion, hair style, nggak ketinggalan dandanan dan aksesories pelengkap.

For me, they are just too cute, sometimes even too girly for a boys!! Hahaha, that just my opinion. But I do love their fashion exactly.

Kembali ke SM*SH.

Ketertarikan saya pada popularitas boyband SM*SH berawal dari adik saya sendiri, yang ngefans beraaattttttttt sama salah satu personel SM*SH yang namanya Bisma (check his twitter, here!). Well, adik saya (Vika) tahu hampir semua hal tentang boyband ini, termasuk fakta-fakta unik tentang personelnya plus jadwal manggung mereka yang ditayangkan di TV.

Saya : Vika, kapan ada SM*SH lagi di TV?

Vika : Ehh, malam senin ada di JustAlvin Metro TV, trus-trus minggu depan di Hip-Hip Hura SCTV. Wahh, sebentar lagi jumat, nggak sabar deh nonton CCC (Cinta Cenat Cenut).

Saya : lahh, panjang banget jawabnya!! Ya deh! (sambil mikir “ckckckck, gila juga tu anak yaa!! Apal mati jadwalnya”)

Saya menonton perform SM*SH di beberapa stasiun TV, membaca tulisan tentang mereka di majalah dan beberapa situs berita, mendengar cerita dari seorang fans beratnya (read : adik saya sendiri) dan melihat videonya di YouTube. Rekaman video “I Heart you” sekilas memang mirip dengan video ala BB Korea, tapi saya yakin, SM*SH tidak bermaksud memirip-miripkan diri mereka. Hanya terinspirasi saja. Boyband SM*SH boleh saja (dulunya) dianggap sebagai underdog, tapi sekarang, wowwwwww, they win the battle of competition!!

Berdasarkan analisa sok tahu saya, berikut adalah beberapa poin plus yang dimiliki SM*SH.

1. Mereka berhasil memanfaatkan Korean Waves pada saat dan waktu yang tepat. They’re inspired by those Korean, but not a copycat for sure! Perform mereka original dan tidak dilebih-lebihkan.

2. Ibarat oase, SM*SH muncul sebagai obat jenuh dari banyaknya group band yang bermunculan. Faktanya, setiap orang menyukai sesuatu yang beda, and yess, SM*SH they are fresh from the oven!

3. Lirik lagu yang easy listening. Misalnya saja “you know me so well” yang belakangan banyak diadopsi orang, atau “no more mellow say no to galau” yang bisa menjadi mood booster (penyemangat).

4. They know how to dress well. Walaupun nggak semua personel SM*SH cute (relatif), tapi style mereka oke. Yaa, they’re just nice looking :)

5. They know how to behave. Sejauh ini, personel SM*SH cukup down to earth. Mereka selalu pasang senyum dan terlihat ramah. Semoga saja untuk seterusnya!

6. Expose media. Boyband SM*SH tiba-tiba jadi rajin banget nongol di TV. Jadi pengisi acara musik, talk show, sampai iklan TV. How about social networking? Yes, sosnet are absolutely take a part. Seperti twitter fakta bisma atau fans page SM*SH
.
7. Of course, They’re nothing without SMASHBLAST (read : fans boyband SM*SH).

Ketenaran SM*SH pada akhirnya memunculkan beberapa pesaing (boyband pendatang baru) yang mencoba peruntungan di ranah musik tanah air. Ada juga versi plesetan dari Sule dan kawan-kawan. Seperti biasa, selalu ada yang hadir sebagai kawan, dan ada juga yang memilih untuk jadi lawan (SMASHATERS).

Apapun itu, saya berdiri di kutub netral. Saya menikmati musik, and I simply love the lyrics, yaa, SM*SH made it for me.

Happy 1st anniversary SM*SH. Terus berkarya dan tetap kreatif. Be 100 % original yaaa!!

About these ads

7 comments

  1. wow… ada yang bahas SMASH :P

    misteri-nya cuma satu menurut imonck,
    kenapa di KLIP-nya ada 6 orang??
    trus pas nongol di tipi jadi 7??

    seharusnya SMASH = SIX MAN AS SIX HEROES kali ya??

    masih nge-fans ama demian :)

      1. emang just alvin juga personelnya smash??
        (tambah bingung?)
        jadinya 8 orang gitu??
        wah ini mah kerokan eh keroyokan maennya..

Leave Your Foot Prints

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s