Helm, Untuk Apa?

Helm digunakan dengan tujuan menjaga keselamatan, khususnya kepala. Well, mungkin sekedar jaga-jaga kalau-kalau ada benturan, kena kepala kan bisa berabe urusannya.

Mestinya begitu. Jangan pakai helm karena alasan takut kena tilang atau razia polisi. Polisi juga harus tahu, penegakan hukum untuk yang nggak pakai helm bukan cuma pas razia atau si pengendara kebetulan lewat di jalur ‘taat lalu lintas‘.

Herannya, sepanjang waktu ngabuburit di bulan Ramadhan, polisi hampir ada di setiap perempatan, dan hebatnya pengendara yang nggak pakai helm merajalela dimana-mana.
apa karena puasa?
karena ramai?
atau karena mayoritas orang ngabuburit memang nggak pakai helm?
Bukan hanya momen ngabuburit, momen keramaian lainnya atau jalanan yang agak lengang pengendara nggak boleh dijadikan pembolehan untuk tidak berhelm.

Saran saya, kalau mau mengegakkan aturan, jangan setengah-setengah. Siapapun yang berkendara di jalan raya dan tidak menggunakan helm, dan tentunya ke-gap polisi, langsung ditilang saja.

    (cuplikan dialog razia, 31-07-2011)

    Pak polisi : Mba’, anda kena pasal 291 ayat 2 tentang penggunaan helm. Penumpang anda tidak pakai helm. Anda saya tilang.

    Saya : oyahh pak? Yang harus pakai helm dari umur berapa sih? kan adik saya masih SD?

    Pak Polisi : Kalau ada helm untuk bayi, bayi pun harus pakai helm!!!!!

    Saya : ooooooooooooooo,
    ….dan seterusnya..

Saran saya buat pengendara: Pakai helm untuk keselamatan, jangan karena takut kena tilang atau razia.
Saran saya buat polisi : jangan setengah-setengah dan jangan pilih kasih.

Nah lho, bagaimana dengan gambar ini?? Helm-nya untuk apa?

Leave Your Foot Prints

