Beasiswa CCIP (Part 2)

* Masih seputar beasiswa CCIP dari AMINEF. Silakan klik part 1 untuk merunut penjelasan.

CCIP : HOW?

Well yeah, posting kali ini berisi hal-hal penting seputar proses seleksi beasiswa CCIP. Here we go!

* Setelah masuk ke link berikut akan ada gambaran tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan. Sangat simpel bila dibandingkan dengan program beasiswa lainnya-menurut saya-. Cukup mengisi essay dan menyiapkan beberapa dokumen penting lainnya. Jangan lupa syarat TOEFL harus 500 yahh, hehh.

* Mengisi form aplikasi beasiswa. Form bisa di download disini, silakan klik CCI program. Formulirnya standar saja ; ada biodata yang harus diisi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. Kemudian ada beberapa point essay yang harus diisi. Menurut saya dan beberapa senior yang sempat saya email saat apply ini, essay ini adalah bagian yang paling menentukan lulus atau tidaknya aplikan dalam proses short listing (administrasi).

Berikut beberapa tips dari saya bagi yang ingin mengisi aplikasi beasiswa ini :

1. Pasang niat.
Sounds cliche? Yes, it does. hehe… tapi niat yang sungguh-sungguh akan benar-benar membawa kita go maxi. Percayalah!

2. Know what you want. Tentukan dengan pasti pilihan major study yang akan diambil. Pastikan bahwa major tersebut memang benar-benar dibutuhkan dan sangat terkait dengan apa yang anda kerjakan saat ini. Kenapa ini penting? Karena kalau anda benar-benar merasa cocok dengan pilihan dan tau apa yang akan dikerjakan dengan pilihan anda, maka tidak perlu sibuk mengarang alasan baik saat menulis ataupun interview.

3. Isi aplikasi dengan hati. Beberapa orang pernah berkata bahwa mengisi formulir beasiswa butuh waktu yang lama karena semua harus dibuat seperfect mungkin. Yes, I did it! Saya pernah mencoba cara ini saat mengisi aplikasi beberapa beasiswa lainnya, but It didn’t work at all! Menurut saya, poin satu dan dua-lah yang utama. Isi formulir apa adanya sesuai kata hati dan apa yang anda harapkan, jangan berlebihan.

4. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Luangkan waktu untuk memeriksa kembali semua dokumen sesuai persyaratan dan pastikan formulir aplikasi tertulis dengan jelas.

* Setelah mengirim aplikasi, anda hanya tinggal menunggu apakah anda lulus tahap short listing atau tidak. Jika lulus, anda akan mendapat pemberitahuan untuk mengikuti interview di kantor AMINEF di Jakarta. Jarak antara deadline dan pengumuman cukup singkat, kurang lebih 2 minggu. Maka jika dalam satu bulan anda belum mendapat email, anda boleh menanyakan status anda (tentunya jika anda penasaran).

* Jika anda lulus pada tahap short listing, maka ini saatnya bersiap untuk interview season. Bila anda sudah sering melewati berbagai proses interview kerja ataupun beasiswa (lainnya) maka mungkin anda sudah bisa menebak apa yang harus disiapkan. However, based on my experience on this scholarship case, here are some tips :

1. Pahami apa yang anda tulis di formulir aplikasi. Akan ada 4 orang interviewer dan satu orang moderator dalam ruang interview. Masing-masing dari mereka membawa salinan aplikasi anda. Menurut saya, mereka hanya ingin memastikan bahwa apa yang tertulis sesuai dengan apa yang kita sampaikan. Be honest!

2. Nervous is so human. Yes, it is! Tapi jangan sampai nervous mempengaruhi kepercayaan diri anda. Beberapa menit di awal interview pasti akan sangat menegangkan. Take control of your emotion as soon as possible, quickly!

3. Gunakan kata-kata yang positif tapi tidak berlebihan. Siapapun pasti akan lebih mudah diyakinkan bila anda memilih menjelaskan pendapat anda dengan singkat, padat, dan tentunya diksi yang tepat. Saat interview, saya ingat, seorang interviewer terlihat sangat excited ketika saya menggunakan kata :”YES, I HAVE A SKETCH IN MY MIND, like bla..bla..bla..” Intinya adalah meyakinkan interviewer bahwa kita benar-benar tau apa yang akan kita lakukan baik saat menempuh study maupun sekembalinya ke tanah air.

* TOEFL test. Beberapa teman dengan nilai TOEFL cukup tinggi-bukan 500 pas-pasan- biasanya tidak harus mengambil test TOEFL kembali. Masa expired TOEFL result yang anda kirimkan juga mempengaruhi apakah anda harus mengambil test atau tidak. Pengalaman dari batch saya, ada aplikan yang nilai TOEFL-nya masih kurang dari 500 tapi masih bisa lulus. Bisa jadi karena dia sangat bisa meyakinkan para interviewer. So, don’t worry, just do the best!

* Candidate position. Yes, setelah melewati proses interview dan TOEFL test, saatnya menunggu hasil. Dalam fase ini akan ada 2 kategori, yakni ‘nominated candidate’ dan ‘alternate candidate’. Konon katanya, nominated candidate sudah pasti dikatakan lulus dan hanya harus melewati beberapa tahapan yang sebenarnya hanya formalitas saja. Sedangkan alternate candidate masih harus harap-harap cemas karena status mereka hanya alternatif. Tapi hal ini tidak sepenuhya benar, karena di batch saya, salah seorang nominated justru menjadi failed, dan banyak alternate candidate yang justru menjadi selected candidate. Yes, everything can happen!

Sekian untuk part 2, I will continue in the next post. Oya, deadline beasiswa ini 1 November 2013, be prepared!!!๐Ÿ™‚

78 comments

  1. wah tertarik bgt kak pingin ikutan. Oh ya kak klo utk mahasiswa S1 yg blum lulus,harus menyertakan transkrip nilai kuliah sementara juga?thanks๐Ÿ˜‰

    1. ga perlu dekk…nanti di formnya ada bagian yang diisi kok kalo misalnya belum selese kuliah..
      cuma deh buka di Link yang ada di posting..๐Ÿ™‚
      kalo tertarik, tanya2 aja yaa..
      “)

      1. ok makasih bgt kak infox,,lagi berjuang keras menyelesaikan essaynya kak,,oh ya essaynya in english kan kak?
        bru dpt info beasiswa ini tgl 4 oktober kmrn,pdhl tgl 1 nop bsok deadline,,hiks2
        wish me luck kak๐Ÿ˜‰

    1. Haii! untuk yang sudah S1, cukup kirim ijazah dan transkrip sarjana aja dulu..
      tapi sepertinya sekarang ada aturan baru, jadi harus kirim keduanya yaa.. *baru sadar*
      yang english version, jangan lupa dilegalisir!! Semangat!!!๐Ÿ™‚

  2. Assalamualaikum..
    selamat malam kakaak,,
    minta tips dong kakaak saat membuat essay,, kira2 kriteria essay seperti apa yg bisa “ngena” di hati pihak aminef??๐Ÿ˜€
    makasih sbelumnyaaa

      1. kakak2 kalau sudah dpt email sharing2 yaaa…wkt itu kata mas nya pengumumannya sebulan krg lebih..siapa tau ada yg dpt info lbh cepat..makasii…

  3. salam kenal kak eliyan sy willi, mau nanya nih…
    klo invitation buat interview itu d kirim k yg lolos short listing d hari yg bersamaan atw bisa beda hari? soalnya sampai sekarang saya belum mendapatkan invitation for interview email๐Ÿ˜ฅ.

  4. Hi ka eliyan !

    Blog kaka sgt membantu skali. Alhamdulillah saya terpilih menjadi nominated ccip 2013. Sekarang masih ketar ketir menunggu final selection hehe. Semoga bisa mengikuti jejak ka eliyan. Amin

    Have a good day ka !

  5. hi kak eliyan๐Ÿ™‚
    kak, waktu isi essay mesti panjang apa nggak sih yang tentang kenapa kita adalah calon terbaik?
    btw, great post kak๐Ÿ™‚

  6. salam kenal mbak๐Ÿ˜€
    sy mau nanya, klo pemilihan field study utk yg blm pernah kerja/br lulus kuliah S1 apakah hrs sesuai dgn latar belakang pendidikan sebelumnya?
    kebetulan sy dr jurusan tek.kimia yg sepertinya ga ada di pilihan field study, tp sy jg tertarik utk belajar bisnis di program ini tp sy hanya punya pengalaman bisnis kecil2an jualan pulsa yg sy lakukan sewaktu msh kuliah.
    oya mbak, di akhir program apakah ada semacam membuat skripsi/tugas akhir yg dipresentasikan spt kuliah di indo?
    trima kasih๐Ÿ™‚

    1. hi dear..
      Kalo sudah liat form isian pertanyaannya mungkin akan lebih jelas. Justru yang latar belakang pendidikan berbeda, malah diutamakan. Kuncinya adalah pada kejelasan visi dan misi; jadi benar-benar tau maunya belajar apa dan nantinya ilmu itu mau diapakan ketika kembali ke Indo. kalo memang belum ada pengalaman kerja, ya dikosongkan saja. bisnis kecil2an yang pernah dicoba pas kuliah, bisa dicantumkan di essay nanti.

      Oya, disini ga ada tugas akhir, karena program setahun. yang ada magang di perusahaan di USA sini..
      sangat bermanfaat๐Ÿ™‚
      jangan khawatir, tugas kampus sudah sangat banyak kok.. heee๐Ÿ™‚

      semoga penjelasannya bermanfaat yaa..

  7. thanks mbak.
    oya, mbak ngambil jurusan apa disana?
    hmm, banyak yg ngambil jurusan entrepreneur ga?
    maaf banyak nanya๐Ÿ™‚

    1. haloo..
      tanya aja banyak2, gapapa๐Ÿ™‚
      saya ngambil public relations, tapi ngambil kelas bisnis juga..
      banyak banget yg ngambil bisnis disini..banyak banget.. hee

  8. Salam kenal kak!
    Makasih banget postingannya bener2 informatif dan membakar semangat kalo aku bisa ngikutin jejak kak Eliyan. Btw, aku juga follow twitter kak loh.๐Ÿ™‚

    Kak, saya sedikit bingung dengan jurusan yang saya mau apply. Sekarang saya masih kuliah semester 3 jurusan sastra inggris, sedangkan waktu SMK saya dapat business management. Saya sempat kerja dulu setahun sebelum masuk kuliah di perusahaan retail dan bank swasta. Kalau saya milih jurusan business dan management chancenya menurut kakak gimana ya?
    Terus kak apakah bakal jadi comitee bakal ngekonsiderasi lebih ketika kita ‘cuma’ masih kuliah? Soalnya dari informasi yang aku baca, salah satu goal dari program ini professional development.

    Mohon pencerahannya ya kak.
    Makasih banget banget banget.๐Ÿ™‚

    1. Hi Suras..

      Kalau untuk peluang, itu sangat tergantung saat wawancara nanti. kalau kamu bisa meyakinkan para penanya, ya pasti oke2 saja๐Ÿ™‚
      btw, jurusan yang kamu ambil kayaknya cocok tuh. Nah, untuk masalah status sepertinya tidak menjadi masalah besar. Ingat, intinya kamu harus bisa tampil meyakinkan saat wawancara. ada juga kok peserta yang lulus, padahal baru aja tamat SMA๐Ÿ™‚

      semangat yaa!!

  9. Salam kenal kak!
    Makasih banget postingannya bener2 informatif dan membakar semangat kalo aku bisa ngikutin jejak kak Eliyan. Btw, aku juga follow twitter kak loh.๐Ÿ™‚

    Kak, saya sedikit bingung dengan jurusan yang saya mau apply. Sekarang saya masih kuliah semester 3 jurusan sastra inggris, sedangkan waktu SMK saya dapat business management. Saya sempat kerja dulu setahun sebelum masuk kuliah di perusahaan retail dan bank swasta. Kalau saya milih jurusan business dan management chancenya menurut kakak gimana ya?
    Terus kak apakah bakal jadi comitee bakal ngekonsiderasi lebih ketika kita โ€˜cumaโ€™ masih kuliah? Soalnya dari informasi yang aku baca, salah satu goal dari program ini professional development.

    Mohon pencerahannya ya kak.
    Makasih banget banget banget.๐Ÿ™‚

  10. hallooo ka saya mahasiswa semester 7 mau ikutan program ini bisa ga ?
    yang harus dilampirkan itu ijasah SMA ya ato gmna ?

  11. assalmu’alaikum. ka saya indrynilam.. semalam saya baru ngisi essay formnya pake bahasa indonesia. kaka mau kan liat isi essay saya. nanti saya kirim by email. dan kaka bantu apa ini memenuhi persyaratan atau ga? kemudian saya baru mau rencana translate ijazah dan kirimnya sekitar akhir bulan september apa itu kelamaan atau ga? atau saya bisa kirim kapan yang kira2 menentukan.
    makasih mba buat pstingannya.. semoga bermanfaat..

  12. Kak, it sounds really wonderful!! I do want to be a selected candidat๐Ÿ˜€ and may I send my essay to your email? wish me luck ya kak \o/

  13. halo kak.. kalo masih dalam tahap kuliah akhir, apa perlu tampilin transkrip universitas nya juga kah?๐Ÿ™‚ berhubung belum semua nilai bisa tertampilkan.. makasi ya

  14. halo kak !
    sy mau nanya, di application formnya ditulis “Please send the three sets of application package to AMINEF” maksudnya dokumen yg harus dikirim bener cuma 3 set aja? atau dengan yang asli jd 4 set?
    klo toefl itp nya harus yg asli ya (additional score report)? bkn difotocopy trs dicap?
    sy mau bikin additional score report toefl kak, tp boleh ga ya minta bikin 6 lembar, soalnya klo bener harus ngirim aplikasi 4 set, berarti sy ga punya pegangan sertifikat toefl dong..

      1. hmm, ok deh kak, jd sy mw pake 1 aja yg asli, 2 set lainnya pake fotokopian aja.
        kak, sy ngirim essay ke email kak eliyan, mgkn klo ada wkt kk bisa baca & kasi input.
        makasi banyak kak๐Ÿ™‚

    1. waduh, kak di form baru ada Letter of support from Employer/Work Supervisor or HR Officer. klo blm kerja gmn? apa dr dosen? atau ga usah lampirin?

    1. setahu saya, untuk translasi biasanya tidak di sekolah, tapi di lembaga tertentu. Nah, untuk translator nya, kenapa harus sworn? karena itu jadi bukti keaslian ijazah..
      Nah, ijazah yang sudah di translate oleh sworn translator, bisa dibawa ke sekolah untuk legalisir, (in case, kamu mau fotocopy)
      semangat yaaa!๐Ÿ™‚

  15. assalamualaikum jika ijasahnya di terjemahkan tidak melalui sworn translator tetapi translator biasa,
    boleh tidak mbak?

  16. assalamualaikum (after diterjemahkan sworn translator) berarti tidak perlu legalisir di sworn translator tetapi di fotokopi dan dilegalisir pihak sekolah. karena harus memberikan 3 sets.

    1. Legalisir tidak perlu di sworn translator, tapi kan kalo sduah diterjemahkan oleh sworn translator, otomatis sudah ada ‘tertanda’ dari penerjemah atau lembaga penerjemah, itu saja sudah cukup. btw, untuk file yang dikirim, cukup satu paket saja yang asli (dalam artian terstempel basah, dsb..) yang lainnya fotocopy saja tidak masalah, karena sifatnya hanya sebagai pelengkap.

  17. it’s brilliant…
    ka, untuk toefl, boleh ga ikut toefl predict aja? ga ITP resmi dr kampus gt.. gmna ka?? tq yaa๐Ÿ™‚

  18. hallo kaka๐Ÿ™‚ aku udah lumayan lama banget donlot formulirnya, dan ngisi nyicil karena masih galau terutama masalah essainya, aku ini orangnya agak ngambang kak, pas di pertanyaan ceritakan masalah yang anda hadapi dan bagaimana mengatasinya, itu bagusnya diisi soal apa kak?

  19. Dear all, Mau nanya kalo ijazah sma sudah di translate oleh sworn translator maka tidak perlu di bawa lagi kan ke sma untuk legalisir terjemahan ijazah? karena yg punya wewenang untuk sah kan ijazah adalah sang translator bukan pihak sma? benar kah? Mohon inputnya ya.. Dan untuk essay ada yg sudah tanya ke AMINEF apakah ada minimum dan maksimum kata dalam penulisan? Thanks ya๐Ÿ™‚

  20. Halo mbak Eliyan, salam kenal

    Saya mau nanya mba, punya referensi untuk sworn translater yang terpercaya gak mba? Untuk translate ijazah yang akan di submit untuk program ini

    Thanks,
    Grace

    1. Kalau untuk translator, sy biasanya ke kampus, nnti diterjemahin di pusat bahasa. Lebih cepet, lebih murah…
      Ga ribet sbenernya, asal translatenya bagus, & lembaganya jg bagus..
      Semoga dapet yaa!๐Ÿ™‚

  21. askum pertanyaan tentang lampiran 3 set. berarti kesimpulanya set 1 yang asli (translate ijasah asli dan fotokopi ITP yang sudah terlegalisir. 2 set lainya fotokopian semua tanpa harus dilegalisir (termasuk translate ijasah dan TOEFL). betulkah mbak? syukron

  22. askum pertanyaan tentang lampiran 3 set. berarti kesimpulanya set 1 yang asli (translate ijasah asli dan fotokopi ITP yang sudah terlegalisir. 2 set lainya fotokopian semua tanpa harus dilegalisir (termasuk translate ijasah dan TOEFL). betulkah mbak? syukron katsir

  23. halo mb Eliyan, mau numpang request dong buat teman2 yp lain juga, kalo sudah ada yang menerima Email dr Aminef untk interview, comment di sini yak, biar bisa brbagi info.
    Terima kasih

Leave Your Foot Prints

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s