Tentang Saya Yang Jarang Menulis

Tulisan ini adalah semacam pengakuan atau mungkin refleksi diri. Saya meminta diri saya untuk mengungkapkan alasan-alasan (klise) yang membuat saya jarang menulis atau mungkin lebih tepatnya jarang mengupdate tulisan di blog. Saya masih tetap menulis, meski kebanyakan berakhir di folder “personal” di laptop. Kapan-kapan, isinya akan saya share satu-satu. Itupun kalau jadi. Hehehe..

Tulisan ini juga untuk menjawab rasa penasaran beberapa teman yang saban hari bertanya, “El, ga pernah update blog lagi ya?”, dan biasanya hanya saya jawab, “hoo’oh, nggak pernah.”

Jadi, kenapa kamu jarang nulis di blog lagi, El?

Merasa menulis hal yang nggak penting

Plis jangan komen tentang penting-nggak penting yang balik lagi ke taste masing-masing orang. I get that. Iya, tulisan-tulisan saya yang cuma ngendap di draft kebanyakan adalah tema curhat, kegalauan, hal remeh temeh di sekitar yang saya komentari. Hampir semuanya subjektif, no theory involved, no quotable statement. Blas. Banyak juga tulisan saya yang somehow taste-nya too personal, yang bikin mikir berkali-kali antara ngepost-nggak-ngepost-nggak. Alhasil semua berakhir di draft instead of being posted.

Your age determines your writing (?)

Ada question mark di belakang poin nomor 2. Maksudnya, “apa iya, seiring usia yang nambah, maka konten tulisan juga mestinya makin serius?” Jawaban saya nggak-nggak-iya. Nggak, karena serius nggak serius itu perihal taste. Nggak, karena nulis ya suka-suka penulisnya. Iya, karena mestinya se-nggak serius apapun tulisan itu, mesti ada sesuatu yang ngena’, something like, wow, this is it! Kalau nggak bikil orang mikir, merenung, minimal bikin ketawa. And somehow, my writing is too flat. Alhasil semua berakhir di draft instead of being posted.

Too much editing

Nothing is perfect. And too much editing, will never make you write something. Unfortunately, saya mewarisi bakat jadi editor. Mungkin itu dia kenapa, editor jarang jadi penulis, karena tugasnya memang ngedit tulisan. Dulu, zamannya masih ngurusin promosi-buku-media etc, saya bakal sedemikian pekanya dengan titik, koma, capital letter, kalimat yang nggak nyambung, bla..bla. Mungkin sejarah itu kebawa sampai di masa kini. And know that, there is always, always, always something to edit in your writing. Alhasil semua berakhir di draft instead of being posted

Not enough time

Plis ini bukan alasan saya, hahaha.. tapi alasan klise yang selalu jadi pembenaran to those who claim themselves as procrastinator. And I, myself is (sometimes) a procrastinator. Everybody is, though. (with different level) lol. 

Lepas dari alasan di atas, saya adalah orang yang juga percaya bahwa time is created, artinya kalau sesuatu itu memang benar-benar penting, kita bakal membuat, meluangkan waktu untuk hal tersebut. As simple as that.

So alasan yang benar adalah, I’m not making enough time to write. Alhasil semua berakhir di draft instead of being posted.

A-no-reason-to-tell

Nah ini! Alasan yang cuma saya yang tahu. Alasan-alasan personal yang bikin saya somehow for some time memilih untuk off dari keriuhan dunia cyber. I was there, just acting like I was not there. Alasan nomor 5 ini kadang dibungkus dengan pernyataan semacam, “I’m too busy with real world”. Whatever, tulisan akhirnya bersemayam di draft instead of being posted.

Kalau harus mencari alasan lain, maka masing-masing poin di atas bisa dijabarkan lagi ke dalam poin-poin baru. Banyak dan nggak bakal habis.

What’s next?

Menulis.

Menulis lagi.

Lagi menulis.

Create a time to write.

To write.

To write again.

Committed to write.

 

Plis El, jangan cuma wacana.

Please.

Kalau kamu, alasan apa yang bikin kamu jarang menulis?

words-0001

nyobain aplikasi word cloud 

 

 

 

 

Leave Your Foot Prints

